Sering Jadi Pertanyaan: Liburan ke Jepang Sebaiknya Bulan Apa

by | Apr 13, 2023 | Destinasi Wisata, Tips & Trik, Wisata Mancanegara

Jepang ialah tujuan berlibur yang terkenal untuk orang dari penjuru dunia, dan dengan keelokan alamnya, budayanya yang unik, dan kulineran yang sedap, tidaklah heran jika beberapa orang mimpi untuk berkunjung negara itu. Tetapi, dengan demikian beberapa waktu yang bisa dipakai untuk berlibur, banyak yang bertanya kapan saat terbaik untuk berkunjung Jepang. Dalam artikel berikut, kita akan mengulas mengenai seharusnya bulan apakah yang pas untuk berlibur ke Jepang.

Pahami Cuaca Jepang

Jepang ialah negara yang populer dengan keelokan alamnya, budaya tehnologi modernnya, dan tradisionilnya. Saat sebelum pilih waktu terbaik untuk berkunjung Jepang, penting untuk pahami cuaca negara itu. Pada umumnya, Jepang mempunyai empat musim yang terang, yakni musim semi, musim panas, musim musim dingin, dan luruh. Tiap musim mempunyai ciri-ciri uniknya masing-masing yang tawarkan pengalaman yang unik untuk beberapa wisatawan.

Musim semi (Maret-Mei)

Musim ini ialah musim saat bunga sakura mengembang dan memberikan panorama yang cantik di semua negeri. Musim panas (Juni-Agustus) ialah saat yang terpanas dan lembap di Jepang, khususnya di wilayah yang semakin lebih dekat ke arah selatan seperti Okinawa.

Musim luruh (September-November) populer dengan panorama daun musim luruh yang cantik di semua negara, sedangkan musim dingin (Desember-Februari) ialah saat untuk nikmati panorama salju yang fantastis.

Musim semi di Jepang populer dengan bunga sakura yang mengembang dan memberikan panorama yang cantik di semua negeri. Ini sebagai waktu di mana beberapa orang rayakan Hanami, adat rekreasi di bawah pohon sakura. Disamping itu, musim semi sebagai waktu yang bagus untuk bertandang ke Jepang karena cuacanya masih sejuk dan tidak begitu panas.

Musim Panas: Juni – Agustus

Musim panas di Jepang ialah musim terpanas dan paling lembap di negara ini. Ini kemungkinan tidak bagus untuk beberapa orang yang tidak terlatih dengan cuaca tropis, tetapi untuk beberapa orang yang menyukai berenang dan santai di pantai, musim panas ialah waktu yang pas untuk bertandang ke Jepang.

Musim Luruh: September – November

Musim luruh di Jepang populer dengan panorama daun musim luruh yang cantik di semua negara.Jepang adalah tempat terbaik untuk nikmati panorama daun musim luruh. Beberapa warna merah, oranye, dan kuning yang menghias pohon-pohonan di sepanjangnya jalan memberikan panorama yang fantastis. Pada musim luruh, ada banyak acara tahunan yang berjalan di Jepang, seperti festival anggur, festival bir, dan festival matahari terbenam.

Musim Dingin: Desember – Februari

Musim dingin di Jepang memberikan peluang untuk nikmati panorama salju yang cantik. Sapporo Snow Festival di Hokkaido ialah acara besar yang banyak didatangi oleh wisatawan. Disamping itu, musim dingin sebagai waktu yang pas untuk bertandang ke pemandian air panas di Onsen dan nikmati keelokan panorama salju di Jepang.

Acara Tahunan

Sepanjang selama setahun, ada beberapa acara tahunan yang berjalan di Jepang. Sebagai contoh, pada musim semi, ada Hanami, pada musim panas ada Festival Tanabata dan Festival Api Obon, pada musim luruh ada Festival Daun Musim Luruh, dan pada musim dingin ada Sapporo Snow Festival dan Festival Sinar Musim Dingin. Acara tahunan itu menjadi pemikiran untuk pilih waktu terbaik untuk bertandang ke Jepang.

Ramalan Cuaca dan Adanya kemungkinan Keadaan Alam

Walau tidak selamanya 100% tepat, mengawasi perkiraan cuaca bisa menolong saat menentukan waktu terbaik untuk bertandang ke Jepang. Disamping itu, penting juga untuk memerhatikan adanya kemungkinan keadaan alam seperti gempa badai atau bumi. Musim penghujan di Jepang dapat menjadi pemikiran, khususnya di bulan Juni dan Juli.

Tempat Rekreasi Bergantung Musim

Beberapa tempat rekreasi di Jepang mempunyai keelokan yang beda bergantung musimnya. Sebagai contoh, pada musim semi, Taman Shinjuku Gyoen dan Taman Ueno di Tokyo tawarkan panorama bunga sakura yang cantik. Pada musim luruh, Taman Daun Musim Luruh di Kyoto dan Nara tawarkan panorama daun musim luruh yang cantik. Pada musim dingin, daratan tinggi di Jepang tawarkan panorama salju yang cantik.

Harga Tiket Pesawat dan Fasilitas

Harga tiket pesawat dan fasilitas bisa bervariatif bergantung musim dan waktu. Pada musim ramai seperti musim luruh, harga tiket pesawat dan fasilitas dapat jadi lebih mahal. Tetapi, pada musim yang kurang ramai seperti musim panas atau musim dingin, umumnya harga lebih terjangkau.

Kapan Harus Menghindar dari Bertandang ke Jepang

Mayoritas waktu di Jepang cukup bagus untuk didatangi, tetapi ada banyak waktu di mana seharusnya menghindar dari bertandang ke Jepang. Satu diantaranya ialah sepanjang Golden Week di awal Mei, saat banyak warga Jepang liburan dan nikmati waktu bersama keluarga. Disamping itu, sepanjang musim berlibur musim panas, khususnya di bulan Agustus, harga ticket pesawat dan fasilitas dapat semakin mahal dan beberapa tempat rekreasi lebih ramai.

Ringkasan

Keseluruhannya, Jepang bisa didatangi selama setahun, bergantung pada ketertarikan pelancong dan opsi. Tiap musim memberikan pengalaman yang beda, dengan keelokan dan acara yang unik. Tetapi, pertimbangkan beberapa faktor seperti perkiraan cuaca, harga ticket pesawat dan fasilitas, dan keadaan alam dapat menolong saat menentukan waktu terbaik untuk bertandang ke Jepang.